Tuesday 21 July 2015

TEXT NECK SYNDROME, GADGET PENYEBABNYA!

Apa itu text neck syndrome? Istilah text neck mungkin masih asing di telinga kita, dipopulerkan oleh Chiropractor asal Amerika Serikat, Dean Fishman. Istilah ini digunakan sebagai penyebutan bagi gejala atau gangguan pada tulang daerah sekitar leher penderita. Ditandai dengan nyilu di daerah leher, bahu, punggung bagian atas yang disertai dengan pusing atau sakit pada kepala penderita.

Text neck syndrome ini disebabkan oleh gadget. Itu adalah salah satunya, yang lain diantaranya adalah terlalu sering dan terlalu lamanya seseorang menggunakan gadget, atau ketika anda terlalu lama membaca buku dengan posisi leher yang membungkuk.

Untuk mencegah gangguan pada tulang ini, anda disarankan ketika menggunakan gadget, laptop atau membaca buku objeknya lurus horizontal dengan mata anda. Atau jika terpaksa membungkuk, maka selama lima belas menit sekali anda harus melakukan peregangan. Peregangan yang dimaksud, misalnya menoleh ke kanann, ke kiri, ke bawah, dan ke atas masing-masing selama delapan detik.

Apabila anda terlanjur menderita gangguan ini, maka anda harus segera memeriksakannya atau mengobatinya ke dokter ahli tulang, karena gangguan pada tulang ini dapat menyebabkan perubahan postur dan akibat yang parah salah satunya adalah degenerasi tulang belakang yang umumnya dialami oleh lansia.

No comments:

Post a Comment